BTemplates.com

Tuesday, April 9, 2019

Minum Kopi Bisa Hilangkan Ngantuk, Fakta atau Mitos?

Ilustrasi Minum Kopi. | Sumber : shutterstock.com

Bloggerbronews.blogspot.com - Kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup bagi banyak orang. Tak hanya pria. wanita pun banyak juga yang suka minum kopi. Keragaman kopi asal Indonesia menjadi salah satu alasan. Kopi asli Indonesia menawarkan banyak rasa dari berbagai biji kopi, mulai dari rasa buah-buahan, cokelat, dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan minuman olahan kopi.

Hingga kini, masih banyak yang berpikir bahwa kopi itu bisa menghilangkan ngantuk. Ternyata mitos itu benar adanya kalau seseorang mengkonsumsi kopi secara berlebihan.

"Kopi itu sifatnya bikin detak jantung semakin cepat. Dengan detak jantung yang cepat, efeknya mata jadi tidak mengantuk. Itu kalau di konsumsi lebih dari 3 gelas perhari. Padahal, yang pas itu 3 gelas saja dalam sehari," ucap Rio Ricky, owner dari Panglima Kopi kepada AkuratKuliner, Senin (8/4).

Ternyata, dengan mengkonsumsi 3 gelas sehari, Ricky memberikan tips waktu untuk mengkonsumsi kopi yang baik agar tak membuat ngantuk dan bermanfaat.

"Waktu yang baik minum kopi itu pagi. Lalu siang hari. Sebab, siang itu tubuh sudah mulai lelah dan capek. Kemudian, dengan kopi semangatnya keluar lagi karena jantung dipompa lebih kencang. Kemudian, pada malam hari setelah makan malam, jangan saat mau tidur malah minum kopi,"lanjutnya.

Jika berlebihan, tak baik juga untuk kesehatan. Dilansir Akurat.co dari laman BoldSky, kafein yang terdapat di dalam kopi dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi, jika mengkonsumsi secara berlebihan akan berisiko terkena tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menyebut bahwa kenaikan tekanan darah tersebut disebabkan oleh peningkatan produksi kelenjar adrenalin dalam tubuh. 

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive