BTemplates.com

Sunday, April 14, 2019

Apakah Makanan Bersantan dan Tumisan Boleh Dipanaskan Masih Layak untuk Dikonsumsi Kembali?

Heri Purnama Executive Sous Chef di Sailendra Restaurant. | Sumber : dream.com

Bloggerbronews.blogspot.com - Suatu waktu kamu pasti kerap menemukan makanan dirumah dengan jumlah melimpah, jauh lebih banyak dari biasanya. Karena  berlebih, banyak yang menyimpannya dan dipanaskan kembali saat mau makan.

Tapi apakah semua makanan bisa dipanaskan untuk kembali dikonsumsi?

Menurut Heri Purnama, Executive  Sous Chef di Sailendra Restaurant, semua makanan bisa dihangatkan kembali tetapi harus dengan temperatur yang tempat.

"Semua makanan bisa dikonsumsi kembali dengan cara dipanaskan tetapi harus disimpan dengan temperatur yang tepat. Kalau dari tempat dingin, harus diatas 60-70 drajat Celcius," ucapnya kepada AkuratKuliner di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Chef Heri juga bicara soal makanan yang mengandung santan. Menurutnya, makanan bersantan tak bisa dihangatkan lebih dari satu kali.

"Kalau dipanaskan berkali-kali itu lemaknya jadi gak bagus. Dari lemak baik akan menjadi lemak jahat. Untuk rasa dan teksturnya juga sudah berubah, seperti opor ayam dan makanan santan lainya," lanjutnya.

Selain makanan bersantan, tumisan tak dianjurkan untuk dipanaskan. Langsung dihabiskan.

"Kalau tumisan itu lebih baik langsung dikonsumsi saja, karena mengandung zat besi. Saya sarankan jangan dipanaskan kembali. Rasanya juga pasti berbeda, karena zat besi tidak boleh dimasak kembali. Kalau mau, simpan di chiler beberapa bahan dan masak sesuai kebutuhan," pungkasnya.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Blog Archive

Powered by Blogger.

Labels

Blog Archive