BTemplates.com

Wednesday, February 27, 2019

Kominfo Gandeng Go-Pay Luncurkan Gerakan UMKM Go Online

Peluncuran Gerakan UMKM Go Online ini dilakukan di Pasar PSPT Tebet Timur. | Sumber : youngster.id

Bloggerbronews.blogspot.com - Guna mendorong transformasi usaha dari bentuk offline menuju digital dan memajukan para pelaku UMKM di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia meluncurkan Gerakan UMKM Go Online.

Dalam meluncurkan gerakan ini, Kominfo juga menggandeng GO-PAY, yang merupakan bagian dari ekosistem GOJEK. Peluncuran Gerakan UMKM Go Online ini dilakukan di Pasar PSPT Tebet Timur, Jakarta Selatan pada Selasa (26/2) dan akan dilakukan di 20 kabupaten/kota di Indonesia per kuartal I 2019.

“Kami di Kominfo memiliki program untuk membantu para pelaku usaha kecil untuk bertransformasi. Maka, kami datang dari pasar ke pasar, bekerja sama dengan Asosiasi Pengelola Pasar Indonesia (Asparindo) untuk membantu agar pasar-pasar juga dapat tersentuh oleh teknologi digital,” ungkap Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo.

Melalui kerja sama ini, nantinya para pedagang di Pasar PSPT Tebet Timur serta pelaku UMKM lainnya yang dilibatkan dalam Gerakan UMKM Go Online akan bisa memanfaatkan  GO-PAY sebagai salah satu alat pembayaran. Masing-masing pelaku UMKM dalam gerakan ini akan memiliki kode QR  GO-PAY yang dapat digunakan dengan mudah oleh pembeli, yaitu dengan melakukan scan kode QR tersebut melalui menu “Bayar” dalam aplikasi 
GOJEK.

Brigitta Ratih Aryanti, Head of Government Relations and Policy  GO-PAY mengatakan bahwa teknologi pembayaran nontunai yang diperkenalkan oleh  GO-PAY diharapkan dapat semakin memudahkan para pelaku UMKM dalam bertransaksi, di mana pelaku UMKM bisa memiliki pencatatan arus kas yang lebih baik dan tidak bingung dengan uang kembalian.

“Perbedaannya adalah kalau lagi ramai dan sibuk, kita tidak perlu ribet dengan uang kembalian, jadi transaksinya juga bisa lebih cepat. Selain itu, kalau ada yang bayar pakai  GO-PAY, uangnya langsung masuk ke aplikasi saya jadi saya bisa cek semuanya dan lebih rapi pencatatannya," ungkap Yanto, pedagang Es Podeng yang juga merupakan mitra UMKM  GO-PAY.

Sumber : Akurat.co
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Labels