BTemplates.com

Tuesday, January 15, 2019

Berkat Angket Century, Kasus Misbakhun Ditangani KPK

Misbakhun (Sumber : Akurat.co)

Yaps kali ini kita akan membahas konflik internal yang terjadi di Partai Golkar membuat banyak pihak tidak nyaman, gusar. Bagi para kader senior, situasi ini sungguh membuat gerah. Apalagi bagi kader baru.

Kondisi ini yang dirasakan oleh Mukhamad Misbakhun. Apalagi, Anggota DPR ini sebenarnya bukanlah anggota yang baru. Bisa dibilang di Golkar dia adalah anggota baru, tapi pengalamannya di politik sudah cukup lama.

Sebelumnya, Misbakhun yang merupakan anggota DPR dapil Pasuruan-Probolinggo Jawa Timur ini adalah kader PKS. Bersama PKS, dia masuk menjadi anggota DPR di 2009-2014. Itu adalah kali pertama dia menjadi anggota parlemen. Misbakhun berada di komisi yang sama di mana dia bersama Golkar sekarang.

Meski baru, Misbakhun tidak seperti anggota baru DPR lainnya. Umumnya, anggota baru masih malu-malu untuk aktif mengambil peran. Sebagian besar karena minimnya pengalaman di parlemen atau kurangnya pengetahuan atas isu penting bagi publik atau di komisi yang dibidanginya. 

Berbeda dengan Misbakhun. Dia langsung tancap gas dan berperan aktif menentukan arah politik parlemen. Dia menjadi salah satu penggagas hak angket soal bailout Bank Century yang membuat ramai masa pemerintahan kedua SBY. 

Bisa jadi, Misbakhun berperan aktif di parlemen meski anak baru waktu itu karena bailout Bank Century terkait erat dengan latar belakangnya sebelum terjun ke politik. Dia mantan pegawai Ditjen Pajak. Pernah menjadi asisten Dirjen Pajak waktu itu, Hadi Poernomo.

Berkat angket Century, kasus ini kini ditangani KPK. Namun, ini juga mula dari kasus Misbakhun. Didakwa bahwa Misbakhun korupsi atas pemalsuan dokumen L/C ke Bank Century. Dia sempat dipenjara selama satu setengah tahun, sebelum akhirnya Mahkamah Agung (MA) membebaskannya dari tuduhan itu. 

Usai bebas, Misbakhun meminta PKS membersihkan namanya dari tuduhan tersebut. Namun permintaan tersebut tidak dipenuhi oleh PKS. Usai kasus Century, Misbakhun loncat pagar ke Golkar.

Misbakhun terkenal ramah di DPR. Tetapi, karena konflik Golkar, terutama menjelang batas akhir perebutan Fraksi Golkar, Misbakhun agak berubah. Saat pewarta menghubunginya untuk bertanya soal konflik Golkar, dia menjawab dengan kikuk. 

Setelah ia mau angkat bicara. Ia malah tidak memberikan komentar apapun.

Misbakhun (Sumber : liputan6.com)

"Saya memilih untuk tidak berbicara soal konflik Golkar saat ini. Tidak ada komentar apa pun dari saya soal itu." 

Misbakhun belum menjawab apakah konflik ini membuat dia kesulitan untuk menjalankan tugas-tugas kedewanannya. Tapi, tetap sulit bagi kader baru meski dengan pengalaman jika berada dalam konflik panjang tak berkesudahan.
Share:

0 comments:

Post a Comment

BTemplates.com

Powered by Blogger.

Labels